Senin, 02 September 2013

PENANGGULANGAN BENCANA ALAM



Korem 163/WSA Latihan Penanggulangan Bencana
Kepala Staf Korem 163/Wira Satya Letnan Kolonel Arm Made Sukarwa bertindak mewakili Danrem (2/9), menjadi Inspektur Upacara pada Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam bertempat di lapangan Makorem 163/WSA Jalan PB. Sudirman, Denpasar. 

Sedangkan bertindak selaku Komandan Upacara adalah Perwira Seksi Latihan (Pasilat)Korem 163/WSA Mayor Inf Dewa Ketut Darmada. Menurut rencana Kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 2 sampai dengan 5 september 2013.

Penanggulangan Bencana bukan berarti meniadakan atau menghapus bencana kehidupan umat manusia tetapi bertujuan untuk mengurangi jatuhnya jumlah korban personel maupun materiil yang ditimbulkan pada saat terjadinya bencana alam. 

Adapun Latihan Penanggulangan Bencana dilakukan adalah untuk mensinergikan kerjasama antara TNI  dengan Pemerintah Daerah maupun dengan instansi terkait lainnya dalam melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah setempat melalui suatu kegiatan yang disebut Operasi Militer Selain Perang, sebagaimana dinyatakan dalam UU no.34 tahun 2004 tentang TNI .
 
Dalam hal ini Korem 163/WSA sebagai Satuan Komando Kewilayahan mempunyai tugas membantu Pemerintah Daerah dalam menangani bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah, sehingga  pelaksanaan roda pemerintahan Provinsi Bali tetap dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Menurut Danrem 163/WSA dalam amanatnya yang dibacakan Kasrem, Seluruh Satuan Kewilayahan di seluruh Indonesia termasuk Korem 163/Wira Satya gencar melakukan latihan penanggulangan bencana sebagai suatu langkah antisipatif terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah masing-masing.

Usai upacara pembukaan acara dilanjutkan dengan pembekalan kepada peserta latihan yang terdiri dari Para Babinsa seBali di aula Makorem 163/WSA dengan pemberian materi antara lain: pengenalan jenis-jenis ancaman di Pulau Bali, Managemen Bencana alam, Peran TNI dalam Bencana alam, Mekanisme Pelaksanaan bantuan TNI, gelar posko, gelar komunikasi, pencarian korban, evakuasi korban, kesehatan, dapur lapangan dll yang dikoordinir oleh Pasilatrem 163/WSA Dw Darmada. 

Hadir dalam acara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana antara lain para Komandan Kodim dan Komandan Detasemen jajaran Korem 163/WSA, Para Kasirem 163/Wira Satya serta undangan lainnya.  (Penrem 163/WSA)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template