Selasa, 03 September 2013

PEMBUKAAN GELADI POSKO -1 KODIM 1623/KARANGASEM



Danrem 163/WSA Buka Geladi Posko-1 di Karangasem

Seluruh organisasi TNI-Angkatan Darat khususnya Satuan Kewilayahan di Indonesia termasuk Korem 163/Wira Satya giat latihan penanggulangan bencana alam. Hal tersebut dikatakan Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Dr. Anton Nugroho, MMDS.,M.A. Selasa (3/9) ketika mengawali pengarahannya kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodim seusai upacara pembukaan geladi Posko-1 di Lapangan Upacara markas Kodim 1623/Karangasem.

Lebih lanjut Danrem jelaskan, bahwa Latihan “Geladi Posko” ini diselenggarakan adalah untuk membantu Pemerintah Daerah setempat dalam mengantisipasi dan menangani terjadinya bencana alam, maupun  mengatur segala suatu yang berkaitan pengungsian, atau pemberian bantuan kemanusiaan, agar pelaksanaan roda pemerintahan disetiap kabupaten tetap dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Latihan Penanggulangan Bencana alam yang dilakukan para Prajurit TNI AD ini perlu  dilakukan mengingat posisi Indonesia sebagai Negara kepulauan, memiliki potensi kerawanan tersendiri terhadap berbagai jenis bencana, mulai dari Tsunami, gempa bumi, tanah longsor, puting beliung dan lain-lainnya, dan tidak menutup kemungkinan bencana itu menimpa Bali. Oleh karena itu Menurut Danrem, sebagai implementasi dari Undang-Undang no.34 tahun 2004 sudah sewajarnya jika Korem 163/Wira Satya melatih Kodim-Kodim jajarannya dalam suatu kegiatan latihan yang sering disebut-sebut orang sebagai “ Geladi Posko “. Jika benar-benar bencana itu terjadi diharapkan kita bisa menanggulanginya dengan baik, minimal meminimalisir  jatuhnya korban, dan sebaliknya jika terjadi banyak korban disuatu desa berarti aparatnya para Babinsa, dan Danramilnya tidur, tidak bekerja sebagaimana mestinya, ujar Danrem 163/WSA.

Dalam situasi damai gelar Geladi Posko-1 disamping merupakan langkah antisipatif TNI Angkatan Darat juga merupakan sarana sosialisasi untuk memperkuat kemanunggalan TNI-Rakyat sekaligus meman­tapkan kesiapan personel Kodim-Kodim jajaran Korem 163/WSA berkaitan dengan mekanisme kegiatan prosedur hubungan komando dan staf, terutama kemampuan para staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan mela­ksanakan komando pengendalian operasi penanggulangan bencana alam termasuk penanganan pengungsi serta tehnik koordinasi yang baik dengan instansi terkait. 

Upacara pembukaan Geladi Posko-1 Kodim 1623/KRA dipimpin langsung oleh Danrem ditandai dengan penyematan pita tanda peserta latihan disaksikan segenap unsur Forum Koordinasi antar Pimpinan Daerah Kab. Karangasem, Para Dandim dan Para Komandan Detasemen jajaran Korem 163/WSA, Para Kasirem, Kepala BPBD, Kakesbanglinmas, Kasubdolog serta undangan lainnya. 
  
Menurut rencana latihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, dengan mengangkat Thema “Kodim 1623/Karangasem melaksanakan operasi bantuan penanggulangan akibat bencana alam, penanganan pengungsi dan bantuan kemanusiaan dalam rangka operasi bantuan TNI kepada pemerintah daerah ”. (Penrem 163/WSA).


0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template