Minggu, 15 Juli 2012

TATAP MUKA DANREM 163/WSA DG KEPALA LINGKUNGAN


Pengarahan Danrem 163/WSA dengan Kepala Lingkungan seasrama Sudirman 

Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf IB Purwalaksana, jumat (13/7) mengumpulkan dan memberikan pengarahan kepada seluruh “Kepala Lingkungan” seAsrama Sudirman dan sekitarnya, di Ruang Rapat Tanah Aron, Makorem 163/Wira Satya, Jl PB Sudirman, Denpasar. Maksud dan tujuannya selain memperkenalkan diri juga memberikan pengarahan berkaitan dengan Keamanan, Ketertiban dan Kebersihan khususnya di Lingkungan Asrama Sudirman. 

          Memang sekitar 20 tahun yang lalu, setiap warga Indonesia, yang sudah dewasa maupun remaja,  baik yang tinggal di Kota maupun Desa semua dilibatkan dalam pengelolaan Sistim Keamanan Lingkungan  atau yang lebih dikenal dengan singkatan “Siskamling”, dimana setiap warga di lingkungan RT (Banjar) masing-masing secara bergiliran mendapat tugas untuk menjaga lingkungan, khususnya pada malam hari ( ronda ). Biasanya dilakukan mulai jam 22.00 sampai jam 5.00 pagi. Lingkungan pemukiman yang bersih, aman dan nyaman serta terawat baik, tentu merupakan dambaan setiap orang. Untuk mewujudkan kondisi tersebut bukanlah suatu hal yang muluk-muluk asalkan setiap individu masyarakat mau menyadari , bahwa sebagai “Mahkluk Sosial” kita harus tolong menolong dalam kebaikan. Dengan kesadaran tersebut diharapkan akan tercipta suasana Tertib, Aman dan Nyaman. Karena untuk mewujudkannya diperlukan peran aktif warga dalam ketertiban dan keamanan lingkungannya secara sukarela.

      Pada “Siskamling” selain kita amankan asset sendiri, warga juga diharapkan tidak bersikap masa bodoh terhadap kebersihan lingkungannya. Demikian pula perhatian warga terhadap mereka yang sedang mendapat giliran ronda sangat antusias dalam memupuk silaturahmi, bersikap yang baik dan bila perlu makanan kecil atau kopi tak perlu ragu untuk disumbangkan kepada mereka yang sedang bertugas. Di Negara-negara barat yang kita anggap sebagai masyarakat individualis, ternyata program siskamling (yang di negara kita dilupakan), malah menjadi andalan dalam pengamanan lingkungan. Di negara seperti Amerika, Inggris, Australia, Selandia Baru dll, setiap warga yang sehat dan dewasa dilibatkan dalam program siskamling yang disebut “Neighborhood Watch”. Warga di didik untuk peduli bersama terhadap keamanan wilayah tempat tinggalnya agar tidak waswas. Tentu saja semua ini berkat kerjasama yang baik antara warga dengan aparat keamanan.  Dengan kata lain warga juga di ajak untuk peduli keamanan dan ketertiban maupun kebersihan lingkungan masing-masing. Bagaimana dengan kita…..? Mudah-mudahan kita tidak eindividualistis seperti orang barat. Bila ada kejadian yang mencurigaan atau mengganngu ketertiban, partisipasi anda di perlukan… amati dan laporkan sesuai prosedur.

(Demikian Penrem 163/Wira Satya)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template