Kamis, 23 Agustus 2012

Makna Udayana


MAKNA UDAYANA 

     Tidak ada Prajurit atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang hebat tanpa belajar dan berlatih. Untuk pengabdian tersebut dapat menggunakan pendekatan kata UDAYANA yang dimaksud dengan pemahaman konteks dan aplikasinya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.
     Huruf U adalah Utama berasal dari Bhudi, Bhakti, Wira, Utama, Maksudnya adalah sifat-sifat yang luhur, yang memiliki sifat luhur adalah TUHAN. Dalam pelaksanaan tugas harus senantiasa ingat kepada Tuhan Yang Maha Esa.
     Huruf D yaitu Dharma (Kebenaran), dalam agama Dharma adalah kewajiban untuk memahami dan mendalami serta mengamalkan ajaran agama masing-masing. Dharma sastra adalah meningkatkan pengetahuan dengan cara belajar. Dharma wacana adalah memberikan pengarahan dan memiliki kemauan untuk mendengar saran, masukan dan kritikan orang lain. Dharma tula adalah kemampuan untuk berdiskusi dan berkoordinasi dengan baik. Dharma sedana adalah sikap bersedekah atau memberi sumbangan kepada yang membutuhkan. Dharma yatra adalah sikap saling mengunjungi satu sama lainnya. Dharma shanti adalah bersilahturahmi dan saling kenal secara mendalam dari hati ke hati serta saling memaafkan.
     Huruf A adalah Ang Ung Mang yaitu lahir, hidup dan mati,  Atau mencipta, memelihara dan melebur maknanya di dalam belajar harus berkesinambungan.
     Huruf Y adalah Yadnya, yang berarti berkorban tenaga, waktu, perasaan, materi bahkan berkorban jiwa dan raga.
     Huruf A adalah Ahimsa, tidak membunuh kreatifitas yang positif tetapi selalu inovatif dan ide-ide positif anggota harus terus dipupuk.
     Huruf N adlah Sekala/niskala yang berarti tidak nyata. Jabarannya adalah ada atau tidak Pemimpin/atasan kita harus bisa melaksanakan tugas dengan baik.
     Huruf A terakhir Awighnamastu atau Astungkara yang berarti ungkapan rasa syukur dan ucapan terima kash terhadap apa yang kita peroleh selama ini


                                                                                                       (Kainfolahtarem 163/Wira Satya)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template