Minggu, 01 Desember 2013

GELADI HADAPI ANCAMAN BENCANA ALAM



BPBD Provinsi Bali gandeng Kodim 1616/Gianyar Latih Masyarakat Hadapi Ancaman Bencana alam

BPBD Prov Bali gandeng Kodim 1626/Gyr Sabtu (30/11). menggelar geladi lapang bersama di Pantai Lebih, Gianyar dengan melibatkan segenap instansi pemkab terkait pada Geladi yang bertemakan “Dengan Geladi Lapang Penanggulangan Bencana, Kabupaten Gianyar Siap Untuk Melakukan Penguatan Kemampuan Kapasitas Yang Dimiliki Untuk Mengantisipasi Kejadian Gempa Bumi dan Tsunami di Kabupaten Gianyar”. selain instansi pemerintah yang ada, Pemkab Gianyar juga melibatkan juga organisasi masyarakat dan sektor swasta.

Menurut Kepala Pengawas dan Pengendali (Kawasdal) kegiatan Geladi Mayor Inf Dw Darmada bahwa latihan ini diselenggarakan oleh BPBD Propinsi merupakan latihan puncak untuk menguji rencana kontijensi penanggulangan bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang mungkin terjadi di Kabupaten Gianyar.

Skenario geladi lapang diawali munculnya gempa bumi berkekuatan 8.2 skala Richter kemudian disusul Tsunami adalah suatu perkiraan ilmiah sebab Pulau Dewata dengan Seribu Pura ini memang berpotensi mengalami gempa bumi di masa mendatang.

Sebagaimana kita ketahui kondisi geografis Bali sebagai suatu pulau kecil merupakan wilayah yang sangat rawan terhadap terjadinya bencana. Hal ini dikarenakan karena letak wilayah negara Indonesia termasuk Bali berada pada pertemuan 3 (tiga) lempeng tektonik utama dunia. Keadaan alamnya yang tidak rata, terdiri dari hutan, gunung-gunung berapi, aliran sungai dan rawa-rawa bisa mengundang kerawanan tersendiri. Oleh karena itu jika perkiraan itu benar-benar terjadi, maka diprediksikan gempa yang disertai tsunami di pesisir timur Pulau Bali ini pasti akan membawa korban besar mengingat perkembangan pembangunan fisik di seluruh daratan Bali sangat cepat. 

Geladi ini dilakukan secara terpadu melibatkan unsur Pemda dan TNI dan Polri, serta intansi swasta maupun Organisasi masyarakat yang ada di wilayah Gianyar telah mendapat perhatian secara khusus dari pemprov Bali Maupun Korem 163/Wira Satya. 

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar geladi ini sebagai kesempatan untuk melatih apa yang telah disusun dalam rencana kontijensi penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami. “Geladi lapang ini menggugah kesiapsiagaan dan respon darurat kita, jadi semua pihak terlibat baik instansi pemerintah, swasta maupun Organisasi masyarakat diharapkan hadir dalam geladi ini”. Ujarnya. Kedepan perlu keterlibatan lebih luas dari pihak swasta karena penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama, baik dari pemerintah, masyarakat sipil maupun dunia usaha atau pihak swasta.

           Sementara itu Perwira Seksi Latihan Korem 163/WSA Mayor Inf Dewa Darmada selaku Kepala Pengawasan dan Pengendali Geladi lapang ini juga mengingatkan tentang pentingnya peran media massa, tidak hanya pada peliputan pada saat gelada saja tetapi keterlibatan mereka pada implementasi pelaksanaan yang sesungguhnya. (penrem 163/Wira Satya)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template