Rabu, 11 Desember 2013

APEL TERPUSAT DAN RAMIN DAN BABINSA SE-BALI



Danrem 163/Wira Satya
Apelkan seluruh Danramil dan Babinsa se-Bali
Setiap Danramil dan Babinsa harus meningkatkan peran dalam menjaga keamanan wilayah sesuai sektor tugas dan tanggung jawab masing-masing. ” Babinsa harus mampu mencegah terjadinya konflik dan jangan lagi ada konflik sekecil apapun di daerah kita”. Penegasan ini dikatakan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya di depan seluruh Danramil dan Babinsa Korem 163/WSA beberapa saat sebelum kegiatan apel terpusat dimulai. (Rabu,11/12)
Lebih lanjut dikatakan, dalam mencegah terjadinya konflik, harus bisa menjalin komunikasi dengan semua tokoh yang ada baik tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama maupun semua komponen masyarakat lainnya…. “Pahami makna desa Kalapatra”. Ujarnya, agar bisa diterima dan mendapat tempat yang baik di hati rakyat maka kalian sebagai aparat teritorial terlebih dahulu memiliki rasa bangga terhadap kearifan lokal daerah binaan masing-masing.  Karena menurut Pangdam, berawal dari rasa bangga nantinya akan tumbuh perasaan senang dan sayang yang pada akhirnya eksistensi sebagai Apkowil bisa diterima dan mendapat tempat yang baik di hati rakyat.
Sementara itu ditempat yang sama Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Dr. Anton Nugroho, MMDS.,M.A. mengatakan, kegiatan apel Danramil dan Babinsa ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut pelaksanaan Apel Danrem dan Dandim se-Indonesia di Jawa Barat belum lama ini. Selanjutnya mengingatkan seluruh prajuritnya bahwa sebagai aparat komando kewilayahan (Apkowil) harus mampu melakukan pembinaan wilayah untuk terciptanya stabilitas keamanan dan kondusifitas di tengah masyarakat.  Khususnya menghadapi agenda tahun  2014 dimana terdapat Pesta Demokrasi Pemilihan Legislatif dan Presiden & Wakil Presiden.
Oleh karena itu, Danrem menilai apel terpusat ini sangat tepat dimanfaatkan  untuk menyampaikan informasi dan menyamakan visi, persepsi dan interpretasi dalam menyikapi permasalahan yang timbul di lapangan atau wilayah masing-masing…”aparat komando teritorial harus mampu mensikapi kondisi dengan mengantisipasi setiap kerawanan yang mungkin muncul demi terciptanya suasana yang kondusif sehingga tidak berdampak negatif pada masyarakat Bali.
Apel Danramil dan Babinsa dilaksanakan selama sehari di Markas Korem 163/WSA. Di ikuti oleh sekitar 800 prajurit, terdiri 52 orang Danramil dan  744 orang  babinsa dari seluruh Kodim-Kodim yang berada dalam wilayah Korem 163/Wira Satya, yaitu meliputi 8 kabupaten di Propinsi Bali, diantaranya Kodim 1609/Bulleleng, Kodim 1610/Klungkung, Kodim 1611/Badung, Kodim 1616/Gianyar, Kodim 1617/Jembrana, Kodim 1619/Tabanan, Kodim 1623/Karangasem, Kodim 1626/Bangli.
Hadir, sekaligus memberikan pendalaman materi pengetahuan territorial kepada para peserta apel terpusat, antara lain Asintel Kol Arm Steverly, Aster Kol Inf Md Datrawan dan seluruh Dandim seBali serta para Kasi Korem 163/Wira Satya.
(penrem 163/Wira Satya).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template