Kamis, 14 Maret 2013

TRADISI SATUAN KOREM 163/WSA



Tradisi penerimaan warga baru Korem 163/Wira Satya

Denpasar, Kamis (14/3), di sela-sela padatnya dinamika kegiatan, dihadapkan dengan waktu yang ada warga Korem 163/Wira Satya masih bisa menyelenggarakan Acara tradisi penerimaan khususnya bagi warga baru yang akan melaksanakan tugas pengabdiaannya di Korem 163/Wira Satya.

Kehadiran warga baru tersebut tiada lain adalah Kolonel inf Anton Nugroho, MMDS., M.A. beserta isteri yang menurut rencana sebentar lagi akan dilantik menjabat sebagai Danrem 163/WSA berdasarkan SKEP Kasad nomor /58/III/2013 menggantikan seniornya Kolonel Inf Ida Bagus Purwalaksana yang saat ini sedang melaksanakan tugas pendidikan di Lemhanas di Bandung.

Adapun rangkaian acara tradisi penerimaan warga Korem 163/WSA yang baru tersebut dapat digambarkan sebagai berikut: Sekitar pukul 14.00 Kolonel inf Anton beserta ibu tiba di Markas Korem 163/WSA, Jl.PB Sudirman Denpasar. Di depan pos-1,  ketika turun dari kendaraan yang ditumpanginya langsung menerima dan membalas penghormatan dari pos jaga Korem, disana calon Danrem dan Ibu disambut oleh sang Hanoman dan sepasang remaja (jegeg/bagus) yang berbusana adat Bali, secara bersama-sama berjalan kaki menuju Lobby Markas diiringi gambelan bleganjur, dimana disisi kanan kiri jalan yang dilalui berjejer para anggota Makorem 163/WSA berdiri rapi  dengan sikap hormat, menyambut kehadiran calon Danrem 163/WSA.

Setelah berada di depan lobby Kolonel Anton dan ibu mengikuti kegiatan prosesi adat/Tradisi yakni menerima dan memakai seperangkat pakaian adat Bali, berupa sebuah Udeng putih dengan hiasan warna kuning keemasan, sangat serasi dengan saput yang dikenakan melingkar di pinggangnya. Sedangkan untuk ibu Anton diberikan sebuah selendang merah marun yang langsung dikenakan pada saat itu juga,

Acara Tradisi ini dimaksudkan bahwa sebagai warga baru di jajaran Korem 163/WSA harus bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi atau adat istiadat yang berlaku di Bali, sebagaimana makna yang tersirat dalam Desa Kalapatra yakni dimana Bumi dipijak di situ Langit dijunjung.

Acara yang berlangsung sederhana namun hikmad dan penuh dengan nuansa keakraban dan kekeluargaan tersebut di hadiri Kasrem Letkol Arm Made Sukarwa, Para Dandim se-Bali, Para Komandan Detasemen, Para Kasi Korem 163/WSA, segenap Pengurus Persit KCK Koorcabrem 163 dan segenap Perwira, Bintara, Tamtama, Pegawai Negeri Sipil Makorem 163/WSA. (Penrem 163/Wira Satya)

           


0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template