Minggu, 23 September 2012

GLADI POSKO-I


Kodim 1619/Tabanan dan Kodim 1617/Jembrana tuntaskan Geladi Posko-1

      Esensi dari perencanaan dan pengendalian suatu operasi maupun mekanisme Geladi Posko hendaknya dijadikan referensi sebagai pedoman dalam menyongsong tugas- tugas ke depan. Hal ini disampaikan Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf IB. Purwalaksana dalam amanatnya ketika menutup kegiatan Geladi Posko-1 yang dilakukan Kodim 1617/Jembrana dan Kodim 1619/Tabanan, Jumat (21/9) di Markas Korem 163/Wira Satya Jl Sudirman, Denpasar.

      Geladi Posko-1 yang dilaksanakan selama 3 hari di Markas Korem 163/Wsa diikuti lebih dari 200 personel di tambah beberapa orang perwakilan dari pemda Bali. Menurut Danrem 163/Wira Satya rangkaian Geladi posko-1 secara keseluruhan bisa digunakan sebagai sarana untuk mengukur kemampuan diri setiap prajurit dari segi profesionalisme sesuai bidang masing-masing untuk diproyeksikan dengan penugasan sesungguhnya. Secara makro, Essensi geladi bagi setiap prajurit jajaran Korem 163/Wira Satya dapat merasakan secara langsung bahwa penguasaan prosedur pengambilan keputusan sebagai Out put dari mekanisme hubungan Komando dan Staf sebenarnya merupakan alur dan dasar pemikiran yang kapabel untuk memudahkan penyelesaian tugas-tugas secara efektif dan efisien. Kemudian implementasi dari koordinasi, integrasi dan sinkronisasi itu adalah syarat mutlak bagi terselenggaranya kerjasama yang baik dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

     Digelarnya simulasi maupun Geladi Posko oleh kedua Kodim 1619/Tabanan dan Kodim 1617/Jembrana tersebut tujuannya adalah sama, yaitu merupakan upaya meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi kemungkinan ancaman bencana yang mungkin terjadi. Penanggulangan bencana tidak mungkin dilakukan oleh 1 kelompok saja tetapi harus dilakukan oleh semua pihak dan sudah barang tentu ada yang mengkoordinir….”sampaikan, sosialisasikan mekanisme penanggulangan bencana ini kepada semua fihak terkait, mungkin mereka tidak memiliki waktu tetapi sampaikan bahwa ini urgen sifatnya, karena pada saatnya nanti mereka tidak bisa menolong kita justru sebaliknya kitalah yang harus menolong mereka”. Ujar Danrem 163/Wsa Kol Inf Purwalaksana.

(Penrem 163/Wira Satya)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template