Senin, 15 Juli 2013

GLADI POSKO KODIM 1609/BULELENG



Danrem 163/WSA Membuka Gladi Posko Kodim Buleleng.

“Menjadi profesionalisme saat ini bukan hanya tuntutan organisasi, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap individu prajurit TNI AD  yang harus bisa diwujudkan dalam pelaksanaan tugas masing-masing, karena memang tanggung jawab yang dihadapi ke depan akan semakin berat dan komplek.” Hal itu dikatakan Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Dr. Anton Nugroho,MMDS.,M.A.

dalam sambutannya ketika bertindak selaku Irup pada upacara pembukaan Gladi Posko-I hari senin (15/7) di Lapangan Apel markas Kodim 1609/ Buleleng.

Kepada penyelenggara Gladi, Danrem minta agar sekenario latihan ini lebih diupayakan mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan karena menurut Danrem hanya dengan cara itu kita dapat mengukur kemampuan staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul, sekaligus melakukan perbaikan, dan penyempurnaan prosedur maupun kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya.


 Tujuan dan sasaran  gladi posko yaitu kemampuan melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur yang sudah disepakati serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat meskipun dalam situasi yang serba dilematis.


 Danrem nilai, bahwa seluruh wilayah Indonesia dari sabang sampai meraoke, termasuk Kabupaten Buleleng sangat rawan untuk semua jenis bencana alam. Oleh karena itu sebagai kesiapan dalam penanganan bencana yang terjadi di wilayah buleleng maka Kodim 1609/BLL menggelar gladi posko yang berthema operasi bantuan (kemanusiaan) kepada pemda setempat.


 Mengakhiri sambutannya, Danrem menekankan Jajaran hendaknya TNI mampu berdampingan dengan instansi terkait apalagi dalam penanganan bencana. Meski daerah ini sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), namun penanganan bencana juga merupakan salah satu tugas TNI sesuai Undang-Undang (UU) oleh karena itu kehadiran Satuan Komando Kewilyahan (Satkowil) baik diminta ataupun tidak, harus berperan didalamnya,” tegasnya.


Upacara pembukaan Gladi Posko-I Kodim 1609/BLL ditandai dengan penyematan pita dan pemasangan tanda penyelenggara dan pelaku. Hadir pada upacara tersebut antara lain segenap Dandim jajaran Korem 163/Wira Satya, Waka Polres Buleleng, Kadis PMK, Ketua BPBD, Kadishub, Kadis Sosial, Tagana,  Toga, Tomas dan Todat Kabupaten Buleleng. 

(Demikian Penrem 163/Wira Satya).





0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template