Selasa, 25 Juni 2013

KARYA BHAKTI SKALA BESAR DI WIL KOREM 163/WSA

Karbhak TNI skala besar di wilayah Korem 163/WSA


 
     Denpasar, Sabtu (22/6). Untuk pertama kalinya di wilayah Korem 163/Wira Satya, Bali, digelar Karya Bhakti TNI dalam skala besar. Meski pelaksanaannya tersebar di 8 lokasi yang ada di seputar kota dan 2 lokasi di Nusa Dua komplek, tapi semuanya dilakukan secara serentak yaitu pada sabtu pagi, pukul 07.00 wita.
Sasaran karya bhakti di seputar kota Denpasar meliputi pemeliharaan kebersihan lingkungan, sedangkan di Nusa Dua komplek selain pemeliharaan kebersihan juga penanaman pohon mangrove.


    Kasiter Korem 163/Wira Satya Letkol Inf Leo Handoko selaku koordinator kegiatan karbhak skala besar di wilayah Korem 163/WSA mengatakan, kegiatan Karya Bhakti di Bali selalu dilakukan setiap tahun, hanya saja pada tahun ini dilakukan lebih besar lagi, Karena melibatkan semua pihak antara lain  TNI  2500 orang,  Polisi 1000 orang, PNS pemerintah Daerah 2300 orang, dan masih ditambah lagi dengan sejumlah orang dari  organisasi masyarakat, pemuda dan ahasiswa/pelajar sehingga jumlahnya diperkirakan mencapai 6500 orang. Jika diperhatikan, sebenarnya Karya bhakti skala besar ini merupakan salah satu bagian dari Pembinaan Teritorial (Binter) TNI-AD. Tujuannya tiada lain adalah untuk membangun soliditas dan sinergitas yang kokoh antara sesama prajurit TNI, Polri, aparat Pemda dan komponen masyarakat lainnya, sehingga diharapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini terbina dengan baik justru akan bertambah lebih baik lagi. Tujuan lain dari kegiatan tersebut, adalah membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peranserta masyarakat khususnya di bidang kebersihan lingkungan. 

   Perlu diketahui bahwa, Karya bhakti TNI ini skala besar ini selain merupakan instruksi Kasad sesuai Surat Telegram Kasad Nomor ST/1259/2013 tentang perencanaan dan pelaksanaan Karya Bhakti TNI dan Bhakti Sosial Skala Besar juga merupakan salah satu dari perwujudan amanah UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, khususnya Pasal 7 dimana disebutkan salah satu tugas TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu Pemerintah Daerah.

     Kedua alasan tersebut merupakan alasan yang tepat untuk melakukan kebersihan kota Denpasar. Mengingat Denpasar adalah salah satu kota metropolitan dan tujuan wisatawan manca Negara sekaligus barometer Indonesia dimata dunia maka faktor kebersihan lingkungan tentunya menjadi prioritas dan perhatian kita semua.

     Kita semua berharap kegiatan itu bisa dilaksanakan dengan penuh kebersamaan secara tulus dan ikhlas serta dilandasi kesadaran dan komitmen kuat untuk selalu ingin memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, sehingga yang apa dikerjakan dapat bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat. Semoga dengan terciptanya lingkungan sekitar kita bersih maka hati kita pun menjadi bersih. Semoga. (Penrem 163/Wira Satya)



0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template