Kamis, 31 Januari 2013

DEWAN SAKA WIRA KARTIKA DAERAH BALI


Kasrem 163/WSA Lantik Dewan Saka Wira Kartika Daerah Bali

Disadari atau tidak, sesungguhnya peranan gerakan Pramuka kian strategis di tengah banyak masalah kebangsaan di kalangan kaum muda pada saat ini, di antaranya penurunan semangat kebangsaan, longgarnya ikatan persatuan dan kesatuan bangsa, serta minimnya tekad bela negara. Jadi sangat tepat jika dikatakan peranan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentuk kader bangsa sangat strategis sebab di dalam kegiatan kepramukaan banyak menanamkan nilai-nilai kewajiban terhadap Tuhan, negara, sesama manusia maupun terhadap diri sendiri sebagaimana tersurat dalam Trisatya dan Dasa Darma.

Hal tersebut dikatakan Danrem 163/WSA (Pembina Saka Wira Kartika) dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kasrem Letkol Arm Made Sukarwa selaku Ketua Saka Wira Kartika, Kamis (31/1) ketika bertindak selaku Irup pada upacara pengukuhan sekalugus pelantikan Ketua Dewan Saka Wira Kartika Daerah Bali periode 2013-2016 yang dilaksanakan di aula Makorem 163/WSA Jln PB Sudirman Denpasar.

Menurut Danrem 163/WSA, bangsa kita ini sedang mencari format pendidikan karakter. Walaupun masih proses diskusi yang belum selesai, tetapi muaranya adalah pendidikan harus bisa membangun dan membawa nilai-nilai peningkatan dalam diri manusia. Salah satu dari komponen pendidikan karakter adalah gerakan pramuka. Bahwa organisasi pramuka sebagai wadah pembinaan bagi calon-calon pemimpin masa depan akan selalu tumbuh berkembang ibarat lambang pramuka yang digambarkan sebagai “tunas kelapa” akan selalu bisa tumbuh dimana-mana, mulai dari akar hingga daunnyapun bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, Itulah gambaran semangat hidup pramuka, ujarnya. Lebih lanjut dikatakan, Meskipun kegiatan kepramukaan tujuan besarnya adalahcharacter building  namun di Era globalisasi ini, gerakan kepramukaan harus disesuaikan dengan kemajuan tekhnologi informasi. Tidak ada artinya bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kalau bangsa tersebut  ternyata cengeng, mudah menyerah,  tidak ulet. Karena itu, membangun watak generasi muda harus sedini mungkin, dan jawabannya hanya ada pada gerakan pramuka, tegas Danrem.

Hal lain yang tak kalah pentingnya pada kegiatan kepramukaan ini sejalan dengan tugas Satuan territorial TNI Angkatan Darat yang senantiasa berupaya membangun Ruang, Alat dan Kondisi juang yang tangguh, agar generasi kita pada masa yang akan datang menjadi generasi yang memiliki kematangan jiwa, memiliki kemampuan untuk memilih keputusan yang arif dan bijak, dan menentukan yang terbaik bagi diri sendiri dan keluarga, bagi masyarakat, bangsa dan negaranya.

          Upacara pelantikan ditandai dengan penyematan tanda Ketua Dewan Saka Wira Kartika Daerah Bali (Sdr I Gd D.E. Adi Atma Dewantara) disaksikan oleh ketua Pusat Latihan Daerah (Kapuslatda) Bali Putu Wijaya dan segenap perwira Makorem 163/WSA serta seluruh anggota Dewan Saka Wira Kartika seBali. (Penrem 163/Wsa)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template