Minggu, 26 Februari 2012

Danrem 163/Wsa pimpin Penghijauan

di Pantai Mertasari, sanur.

Ribuan masyarakat warga kota Denpasar dan sekitarnya, jumat (17/2) melakukan penghijauan di pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, yang dikoordinir oleh Korem 163/Wira Satya dan Kodya Denpasar.

Kegiatan karya bhakti yang diawali dengan upacara pembukaan secara sederhana itu dipimpin oleh Inspektur Upacara Kolonel Inf Jacob Djoko Sarosa,S.H. dilaksanakan di tepi pantai Sanur, Desa mertasari, ditandai dengan penyerahan secara simbolis 3000 bibit tanaman yang terdiri dari berbagai jenis bibit pohon laut yang merupakan bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Bali.

Ribuan bibit tanaman laut tersebut diserahkan langsung oleh Danrem 163/Wsa kepada Kepala Desa Sanur yang disaksikan oleh tidak kurang dari 1500 orang yang terdiri dari unsur SKPD, personel Korem dan jajarannya, organisasi kepemudaan, para pelajar dan pramuka, unsur swasta (tiara Dewata, Astra), BUMN (Indonesia Power) tagana Denpasar, dan masyarakat sekitarnya.

Dalam sambutannya Danrem 163/Wsa mengatakan kerusakan alam dan lingkungan hidup yang terjadi di Indonesia sudah cukup memprihatinkan, banyak pohon rindang hilang dan sebagai gantinya dibangun pabrik-pabrik sehingga polusi udara semakin meningkat. Ironisnya hutan sebagai paru-paru dunia juga semakin menipis. Hal itu bisa menimbulkan dampak negatif bagi alam maupun kita semua bahkan kerawanan terhadap bencana alam bisa saja menimpa kita dan akan terjadi kapan saja manakala kita sudah tidak lagi peduli pada lingkungan di mana kita berada.

Tujuan kegiatan penghijauan yang dilakukan Korem 163/Wsa ini tiada lain adalah untuk membangkitkan kembali kesadaran masyarakat agar mencintai lingkungan yang luas sekaligus merupakan pilar dalam menjaga kondisi lingkungan yang benar-benar jauh dari berbagai pengrusakan dan pencemaran. Selain dari pada itu adalah pelestarian hutan mangrove dan tanaman pantai/laut karena mempunyai fungsi ekologis sebagai pelindung garis pantai dari abrasi, mencegah intrusi air laut, tempat hunian biota laut maupun sebagai penyimpanan emisi karbon yang diakibatkan gas rumah kaca.

Selain melakukan penghijauan dengan penuh semangat TNI bersama masyarakat juga membersihkan hutan mangrove dan pantai Mertasari dari berbagai kotoran sampah yang ada khususnya plastik.

oleh Infolahtarem 163/WSA

0 komentar:

Posting Komentar

 

Korem 163/Wirasatya Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template